"Kalau saja masih jauh, kalau saja seluruhnya, kalau saja baru"

Ada suatu sirah di zaman Nabiullah Muhammad SAW.
Ada seorang sahabat Rasulullah yang meninggal pada kala itu. Namun keluarganya sangat bimbang karena di akhir hayatnya orang itu selalu mengigau "kalau saja masih jauh, kalau saja seluruhnya, kalau saja baru".. Itulah terus yang ia ucapkan sebelum ia meninggal.
Ketika keluarga orang tersebut mengadakan takziyah, Rasulullah SAW dan sahabat beliau datang ke rumah keluarga tersebut. Dan salah seorang anggota keluarga menceritakan hal tersebut, tentang igauannya "kalau saja masih jauh, kalau saja seluruhnya, kalau saja masih baru" kepada Rasulullah SAW.
Lantas, Rasulullah SAW berkata bahwa pada akhir hayat orang tersebut, ia diperlihatkan segala amalannya yang pernah ia lakukan sebelumnya dan pahala yang didapatkannya. Orang tersebut pada pagi hari yang dingin sering berjalan ke mesjid untuk menunaikan sholat subuh berjamaah, namun mesjidnya dekat. Itulah sebabnya ia mengatakan "kalau saja masih jauh", seandainya jarak mesjid itu jauh tentulah pahala yang didapatkan lebih banyak.
Kemudian ia pernah bertemu pengemis dan pada saat itu ia sedang berpuasa. Ia memiliki sepotong roti, dan sebagian rotinya ia berikan kepada pengemis tersebut karena ia memikirkan juga makanan untuk berbuka puasanya. Itulah mengapa ia mengigau "kalau saja seluruhnya", seandainya seluruh roti itu ia berikan tentulah pahalanya akan lebih banyak lagi.
Pernah suatu ketika orang itu juga bertemu dengan pengemis dan ia memberikan bajunya yang lama sementara ia memiliki baju yang baru. Itulah mengapa ia mengigau "kalau saja masih baru", seandainya baju yang ia berikan masih baru tentulah pahalanya akan lebih banyak.
Itulah yang dikatakan oleh Rasulullah SAW.
Hikmah dari kisah tersebut, sesungguhnya Allah SWT menitipkan rezeki kepada kita. Bersedekahlah dengan harta, jiwa, bahkan senyumanmu kawan...

Komentar

Anonim mengatakan…
nah lho...kok ada iklan rokok di blog nya Fi??
kebvo kecil mengatakan…
bukankah d setiap rejeq yg qtha dapatkan..ad hak org2 yg membutuhkan??!!! ^_^

keep bloggin'..:D
PeciPutih mengatakan…
wah keren hikmahnya...
fifisaja mengatakan…
@ chichi:insya Allah dek...iya nih...pengen berusaha untuk meningkatkan mood untuk nulis lg...keep on bloggin dek
@ kanwara: salam kenal yah ^_^

Postingan populer dari blog ini

Si Dika "Kambing Jantan" buat Pelem

Alhamdulillah...sekarang aku sudah kerja

Manusia Bermanfaat